Senin, 10 Oktober 2011

Kanker Serviks - Kenali dan Waspadai Gejalanya

Kanker serviks atau kanker leher rahim. Kata itu sekarang sudah menjadi momok bagi setiap wanita. Karena siapa saja bisa terserang penyakit ini. Melalui tulisan ini mari kita lebih mengenal lebih dalam:
  • Apa itu kanker serviks?
Kanker serviks adalah tumbuhnya sel-sel tidak normal pada leher rahim, perubahan untuk menjadi sel kanker memakan waktu lama, sekitar 10 sampai 15 tahun. Letaknya adalah pada bagian rahim yang terletak di bawah, yang membuka kearah liang vagina.

  • Penyebab kanker serviks

Kanker serviks disebabkan oleh Human Papilloma Virus atau yang disingkat HPV. Virus ini bersifat onkogenik (menyebabkan kanker). HPV ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak sehat dan melalui penggunaan pemakain barang pribadi yang bersamaan. Virus HPV sangat resistan terhadap panas dan proses pengeringan. Sedangkan untuk faktor-faktor yang mendukung timbulnya kanker serviks, antara lain:
  1. Merokok
  2. Menikah diusia muda
  3. Kehamilan yang sering
  4. Penyakit menular seksual
  5. Penggunaan kontrasepsi oral dalam jangka panjang
  6. Paparan radiasi atau tercemar bahan kimia dalam jangka waktu yang lama
Kanker serviks menular tidak hanya melalui cairan, tetapi virus ini juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit. Maka dari itu penggunaan kondom saat berhubungan intim tidak terlalu berpengaruh  dalam mencegah penularan virus HPV ini.
  • Gejala Kanker Serviks
Pada tahap awal kanker ini tidak menimbulkan gejala yang mudah diamati. Oleh sebab itu, untuk wanita yang sudah aktif dalam melakukan hubungan seksual dianjurkan untuk melakukan pengecekan secara berkala (pap smear) setiap 6bln sekali. Tetapi jika kanker ini sudah memasuki tahapan yang cukup gawat, maka gejala yang ditimbulkannya antara lain:
  1. Timbulnya keputihan abnormal yang disertai darah dan berbau.
  2. Pendarahan dari liang vagina dan timbul rasa sakit saat berhubungan intim.
  3. Nyeri panggung. 
  4. Pendarahan yang tidak normal diluar siklus menstruasi.
  5. Adanya gangguan bahkan tidak bisa untuk buang air kecil. 
  6. Penurunan berat badan yang sangat drastis.
Jadi biasakanlah hidup bersih dan sehat dimulai dari sekarang. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Kenali gejalanya, waspadai penyakitnya.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkah tinggalkan komentar